RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs Muhammadiyah Pinrang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Genap
Materi Pokok : Kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai
tumbuhnya semangat kebangsaan
Alokasi Waktu : 160 Menit
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Mendeskripsikan proses kedatangan bangsa-bangsa eropa dan perlawanan bangsa indonesia.
- Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
- Mendeskripsikan bentuk perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat indonesia pada masa penjajahan.
- Menjelaskan proses munculnya organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan.
- Menyajikan hasil analisis kronologi dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan
B.Media Pembelajaran & Sumber Belajar
Media: Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet
Sumber Belajar: Buku IPS Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2013 edisi 2016.
C.Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
- Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
- Kesinambungan ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
- Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
- Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi kesinambungan ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
- Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kesinambungan ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
- Collaboration Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai kesinambungan ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
- Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
- Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kesinambungan ekonomi dan pendidikan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
- Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran,tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
- Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek
Pinrang, Juli 2021
Mengetahui
Kepala Madrsah, Guru Mata Pelajaran
Muhammad Idrus, S.Pd Ruslan, SE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar